Ini Alasan Liburan Dapat Menghilangkan Stres

Spread the love

Apa yang Anda lakukan ketika sudah suntuk dan bosan menjalani kegiatan sehari-hari? Beberapa dari Anda mungkin akan menjawab beristirahat atau berlibur. Ya benar, ketika rasanya sudah sangat capai dan lelah sekali, tidur memang merupakan solusi yang sangat tepat sekali.

Namun ketika Anda perlu merelaksasi pikiran Anda, solusinya adalah pergi berjalan-jalan entah itu berlibur ke tempat yang dekat ataupun berlibur ke destinasi impian seperti Pulau Pari. Peneliti menyebutkan berlibur memang ternyata penting sekali dilakukan loh.

Alasan Liburan Bisa Menghilangkan Stres

Tahukah Anda apa saja manfaat yang akan Anda peroleh dengan pergi berlibur simak informasinya di bawah ini.

Destinasi yang paling banyak dipilih kebanyakan orang adalah pergi ke tempat-tempat yang bernuansa alam. Alasannya tentu karena tempat bernuansa alam jarang ditemukan dalam kegiatan sehari-hari apalagi jika Anda bekerja di perkantoran di kota. Salah satu destinasi paling favorit adalah pantai.

Sebagian besar dari Anda pasti setuju akan hal ini, nah bagi Anda yang bekerja di ibu kota maka Pulau Pari bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda untuk pergi berlibur sejenak di akhir pekan. Alasannya karena tempat ini cukup dekat sekali dengan ibu kota. Tahukah Anda mengapa pulaunya ada kata parinya?

Hal tersebut karena ternyata benar pulau yang ada di pantai tersebut berbentuk seperti ikan pari jika dilihat dari ketinggian. Pulau yang ada di pantai tersebut pada dasarnya merupakan sebuah kumpulan dari terumbu karang yang cukup besar dan membentuk seperti ikan pari. Pergi ke pantai menjadi pilihan yang tepat untuk berlibur, apa saja alasan liburan bisa menghilangkan stres simak di bawah ini.

·         Terkena udara segar serta sinar matahari

Bagi Anda yang menghabiskan keseharian Anda di kantor, mungkin terkena sinar matahari secara langsung merupakan hal yang jarang terjadi apalagi menikmati udara yang segar sekalipun. Berlibur di tempat terbuka termasuk pantai bisa membuat Anda menikmati keindahan alam, udara yang segar, hangatnya sinar matahari secara sekaligus yang akan membuat diri Anda sangat nyaman sekali.

Udara yang segar diketahui dapat meningkatkan oksigen dalam darah tentu hal ini akan membuat Anda memperoleh banyak energi sehingga Anda akan terhindar dari stres. Tidak hanya udara segar, sinar matahari juga akan memberikan Anda suasana hati yang sangat menyenangkan dan bisa menangkal depresi apalagi mata Anda juga akan dimanjakan dengan keindahan alam yang sangat luar biasa.

·         Meredakan ketegangan

Berlibur pasti akan membuat Anda santai karena hal yang Anda lakukan hanya bermain dan beristirahat. Nah hal ini tentunya akan bermanfaat bagi Anda dalam menghilangkan stres walaupun hal yang hanya Anda lakukan hanya duduk-duduk santai di pantai.

·         Bebas dari rutinitas

Selanjutnya alasan mengapa liburan dapat menghilangkan stres dan juga menjadi momen yang paling ditunggu karena Anda bisa terbebas dari rutinitas yang selama ini sudah Anda lakukan dari pagi hingga sore dan bertemu pagi lagi. Pastinya terbebas dari rutinitas membuat Anda sangat senang dan lebih rileks karena Anda tidak harus mengikuti jadwal yang harus dilakukan sehari-hari.

Manfaat Liburan Untuk Kesehatan

Adapun untuk manfaat liburan terhadap kesehatan bisa Anda simak di bawah ini.

·         Meningkatkan kinerja

Tahukah Anda ternyata liburan bisa meningkatkan kinerja seorang karyawan loh. Ya, hal ini memang sangat terbukti. Ketika Anda lelah pasti Anda tidak memiliki semangat untuk bekerja bukan?

Namun setelah pergi berlibur, Anda pasti akan merasakan senang dan semangat yang sangat tinggi sehingga hal ini akan mempengaruhi kinerja Anda menjadi lebih baik lagi. Jadi meskipun pekerjaan yang Anda lakukan merupakan hal yang Anda senangi namun tetap saja ketika sudah cukup lama melakukannya Anda akan membutuhkan waktu untuk bersantai dan pergi berlibur untuk bisa merecharge semangat dan kinerja Anda.

Tahukah Anda ternyata di beberapa negara seperti Prancis, Inggris dan Amerika telah memberikan hari libur yang panjang loh untuk pekerjanya. Hal ini tentunya berdampak positif baik itu untuk karyawan dan juga perusahaan karena dengan semangat, rasa nyaman dan senang yang dimiliki karyawan akan menghasilkan produktivitas yang tinggi dan akan menguntungkan perusahaan.

·         Meningkatkan kemampuan kognitif

Liburan ternyata juga bisa mempengaruhi kemampuan kognitif Anda loh, hal ini dapat dilihat ketika Anda pergi berlibur pasti Anda akan bertemu dengan orang baru ataupun lingkungan dan budaya yang baru. Hal inilah yang bisa meningkatkan kemampuan Anda dalam mengingat dan juga meningkatkan konsentrasi Anda.

·         Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat selanjutnya bagi kesehatan yaitu bisa meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini dibuktikan oleh seorang penulis yang fokus terhadap Heart Study melakukan observasi pada seseorang yang melakukan liburan satu kali setiap enam tahun. Nah ternyata penulis tersebut menyebutkan orang tersebut mempunyai resiko mencapai 8 kali lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner loh dibandingkan dengan seseorang yang melakukan liburan setiap dua tahun sekali.

Beberapa sumber juga menyebutkan bahwa ternyata orang yang sama sekali tidak pernah melakukan liburan akan berpeluang sekitar 32% lebih tinggi terkena serangan jantung bahkan diketahui sampai beresiko meninggal. Itulah mengapa alasan bahwa ternyata berlibur sangat penting sekali, tidak perlu berlibur yang mewah dan pergi ke tempat yang jauh.

Jadi hanya dengan pergi ke tempat-tempat yang dekat dan relaksasi sejenak dari hiruk pikuk kesibukan pekerjaan Anda juga sudah termasuk liburan.

·         Tidur menjadi lebih nyenyak

Manfaat selanjutnya ternyata berpengaruh pada tidur Anda loh. Orang yang sering berlibur akan memiliki tidur yang lebih nyenyak, tidur yang nyenyak tentunya akan berpengaruh pada kesehatan tubuh dan juga pikiran Anda. Hal tersebut karena tidur yang nyenyak walaupun hanya beberapa jam saja dapat membuat tubuh menjadi lebih fresh dan baik untuk kesehatan mental.

Ilmuwan meneliti seseorang yang melakukan liburan 7 sampai 2 hari kemudian diobservasi kualitas tidurnya sebelum dan sesudah liburan. Nah ternyata hasilnya menunjukkan bahwa kualitas tidur yang dilakukan setelah liburan lebih baik dengan waktu tidur yang menjadi 1 jam lebih lain. Selain itu waktu reaksi yang dimiliki orang tersebut juga lebih meningkat sampai 80%.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika pergi berlibur. Jadi secara garis besar Anda penting mengetahui bahwa segala yang dilakukan haruslah seimbang baik itu dalam pekerjaan maupun mencari sebuah hiburan. Jadi berdasarkan informasi di atas jika Anda ingin lebih produktif pada pekerjaan Anda maka Anda bisa mencari solusinya dengan berlibur.

Berlibur ke tempat-tempat yang tenang seperti ke Pulau Pari akan membuat pikiran menjadi lebih terbuka dan terkadang Anda juga akan mendapatkan ide atau inspirasi yang selama ini sedang Anda cari. Jadi ketika Anda sudah suntuk dalam pekerjaan Anda maka rehatlah sebentar, carilah inspirasi dari sumber yang berada di luar sana, ketika sudah relaks, fokus dan lakukan pekerjaan Anda lebih baik lagi.